"> Antisipasi Guantibmas di Wilayah Kelurahan Grogol Utara, Satuan Binmas Polres Metro Jakarta Selatan Berikan Binluh – Audit Pos
Sab. Feb 22nd, 2020

Antisipasi Guantibmas di Wilayah Kelurahan Grogol Utara, Satuan Binmas Polres Metro Jakarta Selatan Berikan Binluh

Audit Pos, Jakarta – Menyikapi berbagai permasalahan sosial dan kriminalitas di lingkungan Kelurahan Grogol Utara, Kanit Binmas Kepolisian Resor Metro Jakarta Selatan IPTU Ridwan, melakukan sosialisasi di Kelurahan Grogol Utara – Kebayoran Lama, mengenai kewaspadaan terhadap bahaya paham radikalisme, anti Pancasila dan waspadai kasus Curas ( Pencurian dengan Kekerasan), Curat ( Pencurian dengan Pemberatan) dan Curanmor ( Pencurian Kendaraan Bermotor ) yang terjadi di wilayah hukum Polres Metro Jakarta Selatan umumnya dan khususnya yang terjadi di wilayah kecamatan Kebayoran Lama – Jakarta Selatan, pada Selasa ( 11/02/2020 ) siang.

Dalam kegiatan Pembinaan dan Penyuluhan ( Binluh ) tersebut dihadiri oleh narasumber dari Satuan Binmas Polres Metro Jakarta Selatan yaitu IPTU Ridwan dan IPDA Bambang yang didampingi oleh IPTU Gita Anggo selaku Kanit Binmas Polsek Kebayoran Lama. Selain itu juga hadir Tiga Pilar Kelurahan Grogol Utara yaitu Dindin Hary Apriadi selaku Sektetaris Kelurahan Grogol Utara, Santopri selaku Kasipem Kelurahan Grogol Utara, AIPTU Kasim Utan selaku Bhabinkamtibmas, Serma G Ratno dan Serda Wahyono selaku Babinsa, Perwakilan Ketua RW dan LMK se – Kelurahan Grogol Utara, FKDM, Pokdarkamtibmas Bhayangkara Sub Sektor Grogol Utara, Mitra Jaya Kelurahan Grogol Utara, dan Karang Taruna.

Kegiatan Binluh atau sosialisasi yang dilaksanakan oleh Satuan Binmas Polres Metro Jakarta Selatan ini merupakan salah satu cara untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat di Kelurahan Grogol Utara tentang beberapa Gangguan Kamtibmas ( Guantibmas ) yang sering meresahkan dan mengganggu situasi Kamtibmas wilayah.

AKBP Drs. Wahyu Budiman selaku Kasat Binmas Polres Metro Jakarta Selatan melalui IPTU Ridwan selaku Kanit Binmas Polres Metro Jakarta Selatan, dalam kesempatan tersebut mengatakan, bahwa sosialisasi ini sangat dibutuhkan, mengingat menjaga Harkamtibmas sangatlah diperlukan untuk menjaga kekondusifan wilayah agar selalu dalam situasi yang aman.

” Selain pengertian Harkamtibmas juga kami berikan pemahaman kembali cinta bela negara dan menjunjung tinggi lambang negara kita yaitu Pancasila dan mengaplikasikan Pancasila tersebut dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa da bernegara dengan cara mengamalkan kandungan butir – butir yang terkandung dalam Pancasila ” ujar Ridwan.

IPTU Ridwan juga menambahkan, bilamana terdapat sesuatu kegiatan ataupun kelompok / orang yang mencurigakan seperti halnya adanya bentuk kegiatan yang menyebarkan paham radikalisme maupun anti Pancasila di tempat masyarakat tinggal, maka segera laporkan ke pihak berwajib dan Bhabinkamtibmas atau Babinsa setempat agar segera ditindaklanjuti masalah itu.

Pada akhir kegiatan Binluh tersebut kemudian diisi dengan sesi tanya jawab mengenai permasalahan seputar Harkamtibmas yang ada diwilayah Kelurahan Grogol Utara. (TW/ PP)