"> Tekan Angka Penyalahgunaan Narkoba, Oganisasi BERSAMA Berkoordinasi Dengan RS. Bhayangkara Kramat Jati – Audit Pos
Sab. Jan 25th, 2020

Tekan Angka Penyalahgunaan Narkoba, Oganisasi BERSAMA Berkoordinasi Dengan RS. Bhayangkara Kramat Jati

Audit Pos, Jakarta – Guna untuk menekan angka dari penyalahgunaan Narkoba, Ketua Umum Badan Kerjasama Sosial Usaha Pembinaan Warga Tama ( BERSAMA ), Mayjen Pol. (Purn) Drs. Putera Astaman bertemu dan berkoordinasi dengan Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat I R. Said Sukanto, Brigjen Pol. Dr. dr. Rusdianto, MM, M. Si, DFM di ruang kerja Karumkit Bhayangkara Tingkat I R. Said Sukanto di kawasan Kramat Jati, Jakarta Timur.

Organisasi BERSAMA dan RS Bhayangkara Tk. I R. Said Sukanto telah memiliki kesepakatan kerjasama terkait Program Deteksi Dini Narkoba Test Urine.

” Pertemuan ini merupakan pertemuan pertama sejak serah terima jabatan dari Karumkit terdahulu yaitu Brigjen Pol. dr. Musyafak kepada Karumkit sekarang. Saat ini Brigjen Pol. dr. Musyafak menempati pos yang baru sebagai Kapusdokes Polri ” ujar Helena selaku Wakil Ketua Satuan Pelaksana Deteksi Dini Narkoba Tes Urine Organisasi Bersama, pada Senin ( 13/01/2020 ).

Helena juga menambahkan bahwa angka penyalahgunaan Narkoba akhir – akhir ini sudah dalam tahap yang amat memprihatinkan, sehingga Pemerintah mengeluarkan regulasi terkait upaya pencegahan sebagaimana diatur dalam Peraturan BNN RI Nomor 11 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Tes Urine Narkotika Untuk Deteksi Dini.

” Kementerian Dalam Negeri juga telah mengeluarkan Permendagri No. 12 Tahun 2019 tentang Fasilitasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika ” ungkapnya.

Sementara dilokasi yang sama, Moch. Amin Mahfud selaku Plt. Kepala Kanwil Kemenag Jatim juga mengatakan bahwa Kanwil Kementerian Agama Jawa Timur sejak Agustus 2019 sudah menerapkan syarat wajib bagi calon pengantin untuk melakukan tes urine ketika mengurus surat nikah di 38 Kantor Urusan Agama seluruh Jawa Timur.

” Jika calon pengantin terindikasi positif mengonsumsi narkoba akan diserahkan ke BNNP Jatim ” kata Moch. Amin Mahfud.

Lebih lanjut Mayjen Pol. ( Purn ) Drs. Putera Astaman selaku Ketua Umum Bersama melalui Helena selaku Ketua Satuan Pelaksana Deteksi Dini Narkoba Tes Urine, menyampaikan bahwa telah kita ketahui bersama bahwa kubu Narkoba sudah sedemikian merasuki benteng pertahanan bangsa kita, tidak pandang bulu, bahkan anak tingkat PAUD pun tidak luput dari bahaya narkoba ini.

” Dibutuhkan kontribusi, kerjasama dan komitmen seluruh pihak baik Pemerintah maupun masyarakat, ini merupakan sebuah sinergi membentuk gerakan nasional untuk menekan angka peredaran dan penyalahgunaan narkoba ” harapnya. (TW/ PP)