"> Polsek Mampang Prapatan Peduli Lingkungan Dengan Menanam Puluhan Bibit Pohon – Audit Pos
Sab. Jan 25th, 2020

Polsek Mampang Prapatan Peduli Lingkungan Dengan Menanam Puluhan Bibit Pohon

Audit Pos, Jakarta – Kepolisian Sektor Mampang Prapatan Polres Metro Jakarta Selatan yang dipimpin langsung oleh Kompol Sujarwo, SH, MH melakukan gerakan menanam sejuta pohon yang di gelorakan oleh Polri dengan tema ” Polri Peduli Penghijauan “. Polsek Mampang Prapatan bersama unsur Tiga Pilar Kelurahan Bangka melakukan penanaman pohon di tanah kosong pinggir kali Mampang, Jl. Kemang Timur XI RT.012/03 Bangka, Mampang Prapatan – Jakarta Selatan, pada Senin ( 13/01/2020 ) pukul 10.00 WIB.

Novia selaku Lurah Bangka, menyampaikan bahwa penanaman pohon hari ini adalah bentuk dari kegiatan rutin, karena gerakan penanaman pohon terus dilakukan oleh masyarakat Bangka – Mampang Prapatan karena masyarakat sangat sadar akan pentingnya pohon untuk menyeimbangkan ekosistem.

” Kami sangat mendukung kebijakan Polri yang menanam sejuta pohon hari ini, karena banyaknya pohon yang ditanam akan menyeimbangkan alam. Apa yang kita lakukan hari ini, pasti akan dinikmati oleh generasi kita yang akan datang ” kata Novia.

Lebih lanjut Kompol Sujarwo, SH, MH dalam keterangannya kepada auditpos.com menyampaikan, gerakan penghijauan yang digagas oleh kapolri kami tindaklanjuti dengan menanam puluhan pohon berbagai jenis seperti pohon mangga, pohon rambutan, pohon jamblang, pohon jambu, dan sebagainya.

” Penanaman Pohon sangat penting karena memiliki banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat. Bukan saja memiliki manfaat estetis atau keindahan, tapi juga memiliki Manfaat Orologis yaitu akar pohon dan tanah merupakan satu kesatuan yang kuat, sehingga mampu mencegah erosi atau pengikisan tanah, selain itu juga memiliki Manfaat Hidrologis karena tanaman pada dasarnya akan menyerap air hujan ” ujar Sujarwo.

Kompol Sujarwo juga menambahkan bahwa pohon juga memiliki manfaat Klimatologis karena dengan banyaknya pohon, akan menurunkan suhu setempat, sehingga udara sekitarnya akan menjadi sejuk dan nyaman. Tak kalah pentingnya, Pohon juga memiliki Manfaat Hygienis, karena sudah menjadi sifat pohon pada siang hari menghasilkan O2 (oksigen) yang sangat di perlukan oleh manusia, dan sebaliknya dapat menyerap CO2 (karbondioksida) yaitu udara kotor hasil gas buangan sisa pembakaran.

” Jadi secara hygienis, pohon sangat berguna bagi kehidupan manusia. Semoga apa yang kita lakukan ini dapat bermanfaat untuk anak dan cucu kita nantinya ” harap Kapolsek. (TW/ PP)