"> Warga RW.010 Kebayoran Lama Utara Keluhkan Truck Sampah Yang Melintasi Kawasan Mereka – Audit Pos
Sab. Jan 25th, 2020

Warga RW.010 Kebayoran Lama Utara Keluhkan Truck Sampah Yang Melintasi Kawasan Mereka

Audit Pos, Jakarta – Warga RW.010 Kebayoran Lama Utara, Kebayoran Lama – Jakarta Selatan mengeluhkan keberadaan truck sampah milik Pemprov DKI yang melintas di kawasan mereka. Tidak hanya menimbulkan aroma tak sedap saja, puluhan truck sampah itu juga mencemari lingkungan wilayah mereka dengan cairan licin yang menetes dari dump / bak atas truck.

Selain itu, hilir mudiknya truck – truck tersebut membuat lalu lintas di sekitarnya menjadi macet.

” Selain menimbulkan aroma yang sangat tak sedap dari cairan yang ada di dump / bak yang berceceran di jalan, jalanan di sini menjadi lambat laun akan cepat rusak dan macet khususnya di pintu kereta yang ada di Bendi – Tanah Kusir ” kata Ir. Muhammad Helmy Abda selaku Ketua RW.010 Kebayoran Lama Utara, pada Sabtu ( 11/01/2020 ) pagi.

Helmy Abda juga menjelaskan, saya pernah mempertanyakan kepada beberapa supir truc, dan alasan truck – truck sampah tersebut melintas wilayah kami itu hanya untuk absensi saja di Sudin Lingkungan Hidup Kecamatan Kebayoran Lama.

” Kami tidak mempermasalahkan akan keberadaan kantornya yang berada di Jl. Delman Asri yang masuk wilayah RW.011 Kebayoran Lama Utara, melainkan mempermasalahkan kenapa hanya untuk sekedar absensi saja harus membawa truck ke kantor tersebut. Apakah tidak alternatif lain seperti absensi dengan cara menjemput bola dilokasi TPS yang ada, dan sebagainya ” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua RW.010 Kebayoran Lama Utara menyampaikan harapannya kepada pihak Pemerintah khususnya Kelurahan Kebayoran Lama Utara hingga Walikota Administrasi Jakarta Selatan untuk menyikapi akan banyaknya keluhan warga kami. Selain warga kami, saya dengar dari wilayah lingkungan yang dilalui oleh truck – truck tersebut juga mengeluhkan hal yang sama, bahkan proses belajar – mengajar di SMA Negeri 47 juga mengeluhkan hal yang sama.

” Perlu adanya peran serta Pemerintah dari tingkat Kelurahan hingga pihak Walikota untuk mencari solusi akan permasalahan ini, jangan sampai hal ini berlarut – larut panjang yang nantinya warga yang dilintasi oleh truck – truck tersebut menjadi lebih geram ” harapnya.

Sementara, Maryono, SKM selaku Lurah Kebayoran Lama Utara saat dikonfirmasi oleh auditpos.com menyampaikan bahwa mengenai permasalahan yang di keluhkan warga tersebut sudah banyak yang masuk di pihak kami, dan berdasarkan banyaknya laporan yang masuk ke kami juga sudah kami tindak lanjuti dengan berkoordinasi kepada pihak Sudin Lingkungan Hidup tersebut.

” Kami harap kepada warga agar bersabar dan bisa menahan diri agar lingkungan tetap selalu dalam situasi yang aman dan kondusif. Mengenai permasalahan tersebut akan segera kami carikan solusinya bersama dengan pihak terkait secepatnya ” pungkasnya. (TW/ PP)