Rabu, Oktober 12th, 2016

I Investigasi

Terkait, Adanya Dugaan Lembaga Pendidikan SMP & SMK Excellent 1 Kota Tangerang Mencaplok Fasum Jalan Milik Warga

Lembaga Pendidikan SMP & SMK Excellent 1 Caplok Fasum Warga

,

Kota Tangerang, Audit Pos. Pembangunan sarana pendidikan SMP & SMK Excellent 1 Kota Tangerang oleh pihak Yayasan Habiburrahman diatas tanah Fasum jalan warga RT. 001 RW. 001, yang berlokasi di Jalan Al-Munawaroh Kelurahan Belendung Kecamatan Benda Kota Tangerang menuai berbagai polemik.

Kenapa tidak, pembangunan tersebut diduga ilegal dan belum adanya memiliki serta mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dari Pemerintah Kota Tangerang, yang mana hal ini pernah diungkapkan salah seorang warga yang tak mau disebutkan jati dirinya (dan pernah dilansir Audit Pos pada edisi 5 Oktober 2016).

Atas informasi tersebut, Tim Investigasi Audit Pos mengembangkan informasi yang di dapat kepada Instansi yang berwenang di jajaran Pemerintah Kota Tangerang.

Ketika hal ini ditelusuri oleh Tim Investigasi Audit Pos ke Badan Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTST) Kota Tangerang, yang khusus menangani segala macam perizinan di Kota Tangerang (11/10/2016).

Kepala BPMPTST Kota Tangerang, Melalui staf unit pengaduannya kepada Tim Investigasi Audit Pos mengatakan, Setelah kami lakukan pengecekan data dan ternyata memang belum ada berkas permohonan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang terbaru dari Yayasan Habiburrahman untuk pengembangan pembangunan sarana dan prasarana sekolah SMP & SMK Excellent 1 Kota Tangerang.

Ditambahkannya, Yang ada di data BPMPTST adalah perizinan dan IMB yang lama terbit milik Yayasan Habiburrahman. Sesuai dengan peraturan dan hukum yang berlaku, setiap orang atau badan hukum yang merubah bentuk atau menambah bangunan yang telah ada dan mendirikan bangunan baru adalah wajib mendapatkan IMB dari Pemerintah.

Karena pembangunannya tersebut diduga diatas tanah negara dan juga merupakan asset daerah Pemerintah Kota Tangerang yakni berupa tanah fasum jalan yang kegunaannya untuk hajat orang banyak, dan terlepas dari adanya perdamaian dari pihak Yayasan Habiburrahman kepada salah seorang warga yang jelas merasa dirugikan atas pembangunannya Tersebut yang telah di falitasi oleh oknum pejabat setempat, seyogyanya dalam pengembangan pembangunan sarana dan prasarana sekolah SMP & SMK Excellent 1 Kota Tangerang milik Yayasan Habiburrahman terlebih dahulu harus telah memiliki IMB dan izin teknis lainnya yang terbaru dari instansi terkait Pemerintah Kota Tangerang.

Apabila pihak Yayasan Habiburrahman beritikad baik, mengajukan permohonan izin ke Pemerintah Kota Tangerang, BPMPTST akan segera memproses dan akan melakukan verifikasi yang melibatkan instansi terkait di jajaran Pemerintah Kota Tangerang. Dan apabila pihak Yayasan tersebut tidak beritikad baik, Pemerintah Kota Tangerang akan mengambil tindakan tegas, seperti yang diatur dalam UU RI No. 26/2007 tentang Penataan Ruang yang di ikuti dengan PP No. 15/2010 tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang serta Permendagri No. 9/2009, tentang Pedoman Penyerahan Sarana Prasarana Utilitas Perumahan dan Pemukiman Di Daerah (pengganti Permendagri No. 1/1987) Jo UU RI No. 1/2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman Jo Peraturan Daerah Kota Tangerang No. 10/2007 tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah di ikuti dengan Peraturan Walikota No. 10/2007, tentang Sistem Dan Prosedur Pengelolaan Barang Milik Daerah sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Walikota No. 41/2012 tentang Sistim Dan Prosedur Pengelolaan Barang Milik Daerah, Peraturan ini sekaligus sebagai bentuk pengamanan terhadap aset-aset Pemerintah Kota Tangerang dan di iringi juga Jo Peraturan Daerah Kota Tangerang No. 6/ 2011 tentang Ketertiban Umum. (Tim)

img_20161011_150153 img_20161004_153854 excellent1 Pengerjaan Pembangunan Diatas Tanah Fasum Jalan Warga img-20161005-wa0003

Berita Terkait

Polling

Manakah berita regional teraktif?